Bisnis  

Macam-Macam Perkakas Tangan dan Fungsinya

Hardware store with lots of tools

Perkakas tangan merupakan alat bantu yang esensial dalam berbagai kegiatan perbaikan, konstruksi, dan proyek DIY. Dari kunci tenka hingga obeng, setiap perkakas memiliki fungsi spesifik yang membantu mempermudah pekerjaan. Pemahaman tentang macam-macam perkakas tangan dan fungsinya adalah kunci untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien dan aman.

Kunci Tenka

Kunci tenka adalah alat serbaguna yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut dan mur. Dengan desain yang ergonomis dan kekuatan yang optimal, kunci tenka menjadi pilihan favorit di kalangan profesional dan hobiis.

Obeng

Obeng digunakan untuk memasang atau melepas sekrup. Tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis kepala, seperti pipih dan Phillips, untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis sekrup.

Tang

Tang merupakan alat yang digunakan untuk memegang, membengkokkan, atau memotong kabel dan logam. Variasi seperti tang kombinasi, tang potong, dan tang lancip memiliki fungsionalitas spesifik.

Palu

Palu digunakan untuk memukul benda, biasanya paku. Tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, seperti palu kambing dan palu karet, tergantung pada kebutuhan pekerjaan.

Meteran

Meteran adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi objek atau ruangan. Sangat penting untuk mendapatkan pengukuran yang akurat dalam proyek konstruksi atau perbaikan.

Gergaji Tangan

Gergaji tangan digunakan untuk memotong kayu atau material lainnya. Tersedia dalam berbagai jenis, seperti gergaji kayu dan gergaji besi, sesuai dengan material yang akan dipotong.

Pisau Pemotong

Pisau pemotong digunakan untuk memotong bahan seperti kardus, kabel, atau plastik. Pisau dengan bilah yang tajam dan dapat diganti menjadi pilihan utama bagi banyak profesional.

Memiliki koleksi perkakas tangan yang lengkap dan memahami fungsinya adalah hal penting untuk setiap pengrajin, mekanik, atau DIYer. Dengan alat seperti kunci tenka dan berbagai perkakas tangan lainnya, Anda dapat menangani berbagai proyek dengan lebih mudah dan efektif. Investasi dalam perkakas berkualitas tidak hanya meningkatkan efisiensi kerja tetapi juga memastikan keamanan dan keawetan alat dalam jangka panjang.